Kamis, 09 Februari 2012

Kegunaan Tanaman Obat Tradisional

ALANG-ALANG

 Khasiat Tanaman Alang-alang
1.               Radang Umbai Usus Buntu
Cara Mengobati :
Cucilah ¼ gagang alang-alang, sepotong akar pulai pondok panjang 8 cm, 1 kepal cidara upas, 6 lembar tapak liman, 6 lembar daun kaki kuda, dan 3 potong gula enau. Bahan-bahan tersebut dipotong-potong kemudian direbus dengan air sebanyak 3 gelas, minum jika air telah mendidih, dan tinggi ¾ bagiannya baru didinginkan, setelah dingin, air tersebut disaring lalu diminum 3 kali sehari, tiap kali minum ¾ gelas minum.
2)             Mengobati Penyakit Rematik
Cara Mengobati :
Daun alang-alang diikatkan pada bagian yang terkena penyakit rematik.


BANDOTAN

Khasiat Tanaman Bandotan
1)              Luka Berdarah, Bisul, Eksim
Cara Mengobati :
Cuci herba bandotan segar secukupnya sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus, Turapkan ramuan secukupnya ke bagian yang sakit, lalu balut dengan perban. Dalam sehari, ganti balutan 3 – 4 kali. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh.
2)              Perut Kembung, Mulas, dan Muntah
Cara Mengobati :
Cuci satu buah tumbuhan bandotan ukuran sedang sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam tiga gelas air tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin saring dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini 2-3 kali sehari sampai sembuh.
3)             Sakit Telinga Tengah Akibat Radang
Cara Mengobati :
Cuci herba bandotan segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Hasilnya peras dan saring, gunakan air perasan yang terkumpul untuk obat tetes telinga. Sehari 4 kali, setiap kali pengobatan sebanyak dua tetes.

Catatan :
Ibu hamil dilarang minum rebusan tumbuhan obat bandotan karena dapat menyebabkan keguguran.


BELIMBING WULUH

Khasiat Belimbing Wuluh
1)             Melancarkan pengeluaran empedu, anti radang dan asterogen
Caranya :
Buah belimbing wuluh dicuci, lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, minum air rebusannya sekaligus.
2)             Sebagai Obat Jerawat
Caranya :
10 buah belimbing wuluh dicuci sampai bersih, kemudian dihaluskan sampai seperti bubur lalu beri sedikit kapur sirih. Gosokkan pada kulit yang terkena jerawat dan lakukan 2 kali sehari.
3)             Diabetes
Caranya :
6 buah belimbing wuluh dilumatkan, kemudian rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengahnya lalu disaring. Minum 2 kali sehari.


BENGLE

Khasiat Bengle
1)             Menghilangkan Alergi
Caranya :
2 potong bengle dan 9 lembar daun sirih ditumbuk halus dan ditambah sedikit minyak kayu putih, oleskan pada bagian yang sakit. Hindarkan makanan atau tempat yang menjadi penyebab alergi tersebut.


BUAH PACE

Khasiat Buah Pace
1)              Kencing Manis
Cara Mengobati :
Ambil buah pace lalu cuci bersih. Blender dengan sedikit air, dan blender sampai halus. Tuangkan dalam gelas lalu minum.
2)             Sebagai Obat Sakit Liver
Cara Mengobati :
Ambillah sepuluh buah pace yang sudah masak, setelah dikupas lalu diremas-remas sampai hancur, kemudian tambahkan setengah gelas air matang, aduk sampai rata setelah itu saring dan ambil airnya sebanyak satu gelas lalu tambahkan gula batu terus diaduk sampai terasa manis. Minumlah dua kali seminggu. Khasiatnya akan anda rasakan setelah mencoba resep ini. Dan insya Allah cepat sembuh dengan mencoba resep ini.
3)             Menurunkan Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Parutlah pace yang telah masak / dalam pohon. Kemudian dibuat rucak pace. Kemudian digemblep pacenya. Dan minum pagi dan sore hari.


BUNGA MIHONG

Khasiat Bunga Mihong
1)              Mengobati Sengatan Lebah
Cara Mengobati :
Petik bunga mihong, kemudian dicuci. Lalu bunga mihong yang telah dicuci digosok-gosokkan ke bagian yang terkena sengatan lebah.


BURUS

Khasiat Burus
1)              Menajamkan Mata
Cara Mengobati :
Burus ditumbuk sampai mengeluarkan airnya kemudian airnya diminum.


CIPLUKAN

Khasiat Ciplukan
1)              Diabetes Mellitus
Cara Mengobati :
Tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah dicabut beserta  akar-akarnya dan dibersihkan. Lalu, dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tingga 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 1 kali sehari.
2)              Sakit paru-paru
Cara Mengobati :
Tumbuhan ciplukan lengkap (akar, batang, daun, bunga dan buahnya) direbus dengan 3-5 gelas air sampai mendidih dan disaring. Diminum 3 kali sehari 1 gelas.
3)              Ayan
Siapkan  8-10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak. Lalu, buah ciplukan itu dimakan setiap hari secara rutin.
4)              Borok
Siapkan 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok air kapur sirih. Kemudian, tumbuk sampai halus. Tempelkan pada bagian yang sakit.
5)             Kejang Jantung
Cara Mengobati :
5 lembar daun ciplukan muda, 15 lembar daun sembung, 10 daun gigi talis, 20 lembar daun petai cina, 10 lembar daun sudalama, sepotong pulosari 6 cm, sepotong kulit kayu meyosi, ¾ sendok adas dan gula enau 3 potong 8 cm. Semuanya dicuci dan dipotong-potong lalu direbus dengan air sebanyak 4 gelas minum direbus sampai 3 gelas. Kemudian disaring lalu diminum 3 kali sehari tiap-tiap kali minum ¾ gelas minum.
6)             Mengobati Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Ambil 1 atau 2 pohon ciplukan dan tambahkan pace yang matang dicuci sampai bersih, kemudian direbus dan diambil airnya untuk diminum untuk mengobati darah tinggi.


DADAP

Khasiat Daun Dadap
1)              Mengobati Diare
Cara Mengobati :
Siapkan 16 lembar daun dadap, 10 lembar daun bagai tikus, 10 lembar daun sosor bebek, 20 lembar daun galing, dan sepotong umbi tempayung 8 cm. Semua dicuci kemudian digiling sampai halus, bila telah halus masukkan sedikit air garam ke dalamnya. Obat ini digosokkan ke perut orang yang sakit 2 kali sehari.
2)             Untuk Mengobati Sakit Panas
Cara Mengobati :
Siapkan daun dadap yang lebarnya kurang lebih selebar telapak tangan. Daun tersebut diremas-remas dalam air supaya menjadi lemas, kemudian daun tersebut ditempelkan pada dahi orang atau anak yang sedang menderita sakit panas.
3)             Menurunkan Kadar Kolesterol
Cara Mengobati :
Ambil daun dadap dicuci sampai bersih. Setelah itu direbus dan diberi sedikit garam. Setelah itu di angkat dan diambil airnya lalu diminum.


DAUN BETADIN

Khasiat Getah Daun Betadin
1)              Dapat Menyembuhkan Luka Goresan
Cara Mengobati :
Ambil daun betadin kemudian tunggu sampai getah keluar dari ujung yang dipetik. Kemudian getah diteteskan kepada goresan luka tersebut.


DAUN CABE

Khasiat Daun Cabe
1)             Mengobati Penyakit Bisul
Caranya :
Ambil daun cabe secukupnya, lalu daun cabe itu dihaluskan untuk ditempel pada bagian yang tekena penyakit bisul tersebut.
2)             Masuk Angin, Sakit Perut
Cara Mengobati :
          Daun cabai dibubuk hingga halus. Oleskan ke bagian yang sakit.


DAUN DEWA

Khasiat Daun Dewa
1)             Mengobati luka terpukul (Pembengkakan di dalam Kulit)
Caranya :
Rebus daun dewa segar, kemudian tumbuk dan ambil airnya. Campur airnya dengan arak yang sudah dipanaskan dan minum air ramuannya.


DAUN DUKU

Khasiat Daun Duku
1)             Sebagai Obat Herbal
Cara Mengobati :
Ambil 7 daun duku, ambil sepotong tebu hitam atau wulung, ambil 2 daun sirih, kemudian tambahkan garam secukupnya. Kemudian semua bahan tadi direbus hingga masak, terus disaring untuk diambil airnya. Dan minum minimal 3 kali sehari.


DAUN JAMBU BIJI

Khasiat Daun Jambu Biji
1)              Diare
Cara Mengobati :
Ambil 1 lembar daun jambu biji. Cuci sampai bersih. Ambil sedikit garam kemudian bungkus dengan daun jambu biji. Kemudian kunyah. Setelah 3 menit kemudian keluarkan. Lakukan itu ketika mengalami sakit perut.
2)             Menghilangkan Bau Mulut yang Kurang Sedap
Cara Mengobati :
Gosokkanlah gigi dan bersihkan seperti baisa. Lalu kunyahlah empat lembar daun jambu biji yang masih muda, seperti mengunyah sirih. Untuk menghilangkan rasa sepat, bubuhkan sedikit garam, lakukan ini setiap hari atau dua kali sehari, Insya Allah bau mulut anda tidak akan terasa lagi. Selamat Membuktikan...


DAUN JARAK

Khasiat Daun Jarak
1)              Gatal-gatal pada Kulit
Cara megobati :
Pucuk batang dan daun jarak merah direbus hingga mendidih kemudian didiamkan sampai hangat,sebelum merendam dengan air jarak, terlebih dahulu si anak dimandikan dengan air bersih kemudian direndam dengan air jarak dalam bak sampai kurang lebih 5 menit. Untuk bagian yang agak parah, tempelkan daun jarak yang masih hangat ( dari rebusan tadi dan masih keluar getahnya) ke bagian kulit yang parah. Sebagai alternatif gunakan rebusan daun sirih untuk menghilangkan gatal-gatal atau permasalahan lain pada kulit.
Cara Lain :
Ambil daunnya beberapa lembar, kemudian rebus sampai mendidih. Setelah itu, tuangkan pada ember dengan air dingin, sehingga menjadi hangat-hangat kuku, dan air tersebut dipakai untuk mandi. Lakukan pagi dan sore.
2)              Perut Kembung Bayi
Cara Mengobati :
Dengan memanaskan daun jarak hingga layu kemudian dibaluri minyak kelapa dan ditempelkan pada perut bayi
3)             Sakit Gigi
Cara Mengobati :
Ambil batang jarak secukupnya. Ambil getahnya kemudian teteskan pada gigi yang sakit.


DAUN JAREM

Khasiat Daun Jarem
1)             Mengobati Luka yang Bengkak
Cara Mengobati :
Daun jarem ditumbuk, lalu dicampur dengan sedikit air kemudian oleskan pada bagian yang bengkak, oleskan 2 kali sehari.


DAUN KEMANGI

Khasiat Daun Kemangi
1)             Menyembuhkan Bau Badan
Cara Mengobati :
Petik daun kemangi secukupnya, cuci sampai bersih, lalu makan langsung mentah-mentah untuk lalaban.


DAUN KETUMPANG

Khasiat Daun Ketumpang
1)             Mengobati Luka yang Bengkak
Caranya :
Daun ketumpang ditumbuk, lalu dicampur dengan sedikit air, kemudian oleskan pada bagian yang luka.


 DAUN KENCUR

Khasiat Daun Kencur
1)              Mengobati Sakit Perut
Cara Mengobati :
Daun kencur dicuci sampai bersih. Siapkan air untuk merebus hingga mendidih. Kemudian masukkan daun kencur.


DAUN NANGKA

Khasiat Daun Nangka
1)             Kebugaran Badan
Cara Mengobati :
Daun Nangka dijemur hingga kering. Setelah kering, ditumbuk hingga halus. Setelah halus, rebus hingga air mendidih. Campuri dengan susu / madu.


DAUN PACE

Khasiat Daun Pace
1)              Mengurangi Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Daun pace dicuci sampai bersih. Siapkan air untuk merebus hingga mendidih. Masukkan daun pace.


DAUN PEPAYA

Khasiat Daun Pepaya
1)              Menambah Nafsu Makan
Cara Mengobati :
Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
2)              Demam Berdarah
Cara Mengobati :
Ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiga perempatnya saja.
3)              Nyeri Haid
Ambil 1 lembar daun papaya. Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.
4)             Menghentikan Pendarahan
Cara Mengobati :
Ambillah sehelai daun pepaya, kemudian dicuci sampai bersih, setelah itu ditumbuk atau bisa juga dikunyah, hingga agak halus. Selanjutnya tempelkan pada bagian yang terluka. Niscaya dalam waktu singka anda akan melihat darah tersebut berhenti mengalir.
5)             Menurunkan Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Ambil daun pepaya dan sedikit tanah liat. Kemudian daun pepaya cuci sampai bersih. Lalu rebus daun pepaya dengan tanah liat supaya tidak pahit. Kemudian makan setelah daun pepaya masak.


DAUN SAMBILOTO

Khasiat Daun Sambiloto
1)              Mengobati Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis
Cara Mengobati :
Siapkan 1/3 genggam daun sambilata, 1/3 genggam kumis kucing, dan sepotong butrawali 6 cm. Semuanya dicuci dan dipotong-potong lalu direbus dengan air bersih 3 gelas minum. Jika telah mendidih 10 menit, didinginkan dan saring baru minum. Waktu minumnya dua / tiga kali sehari, minum ¾ gelas minum.
2)              Tifus
3)              Gatal-Gatal
4)              Mencegah Kanker
5)              Malaria


DAUN SINGKONG

Khasiat Daun Singkong
1)             Menambah Darah
Cara Mengobati :
Petik daun singkong, cuci sampai bersih kemudian rebus atau masak sampai matang. Setelah matang, kemudian dimakan orang yang kekurangan darah.
2)             Menyembuhkan Darah Rendah
Cara Mengobati :
Ambil daun singkong satu unting. Lalu rendam dalam air mendidih. Kemudian direbus, setelah itu dimakan. Supaya tidak terasa pahit, dimakan dengan sambal kelapa yaitu sambal dikasih kelapa dan kencur.


DAUN SIRIH

Khasiat Daun Sirih
1)              Sakit Perut
Cara Mengobati :
Ambil 7 lembar daun sirih yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Cuci bersih dan renus dengan air, sedikit garam dan kadas pula sari. Rebus hingga mendidih. Minum pada pagi dan sore hari setengah gelas.
2)              Sakit Gigi
Cara Mengobati :
Ambil satu atau dua lembar daun sirih yang agak muda. Cuci bersih. Ambil setengah gelas air panas. Campurkan daun dan air panas kemudian aduk sampai berwarna kecokelatan. Ambil air tersebut untuk berkumur-kumur.
3)              Mimisan
Cara Mengobati :
Ambil dua lembar daun sirih. Cuci hingga bersih. Gulung dan mesukkan daun ke lubang hidung.
4)              Penyakit Mata
Cara Mengobati :
Cuci 3 lembar daun sirih. Masukkan daun sirih ke dalam gelas lalu siram dengan air panas. Kemudian tunggu air tersebut sampai dingin. Terakhir, teteskan ke mata yang terasa sakit. Lakukan sebelum tidur.
Cara Lain :
Daun sirih diremas-remas dengan air, kemudian disaring. Lakukan pagi dan sore.
5)             Obat Batuk
Cara Mengobati :
Daun sirih, gula batu, kayu manis, semuanya diambil seperlunya kemudian direbus dengan air sampai mendidih. Kalau sudah dingin disaring, dapat diminum sebagai obat batuk. Tetapi, kalau sedang menderita batuk, disamping minum obat tersebut pantangan jangan makan makanan yang digoreng, juga jangan minum kopi, boleh minum air manis kalau manisnya memakai gula batu.


DAUN TANDUK MENJANGAN ATAU PICISAN

Khasiat Daun Tanduk Menjangan atau Picisan
1)             a.     Anti Radang
b.          Menghilaangkan nyeri
c.           Pembersih Darah

Caranya :
Giling daun picisan segar sampai halus, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit. Untuk obat yang diminum, rebus 9 – 15g picisan, lalu air picisannya diminum.


GINSENG

Khasiat Ginseng
1)              Pegal Linu
Cara Mengobati :
Ambil sejengkal ginseng, cuci, dan parutlah. Ambil jahe yang panjangnya 8 cm, cuci, dan parutlah. Kemudian semuanya dicampur menjadi satu dan ditambah sedikit air. Obat ini digosokkan ke bagian yang sakit 2 kali sehari dan balutlah dengan air hangat.
2)             Menambah Gairah
Cara Mengobati :
Siapkan ginseng, temu lawas, beras kencur, jahe merah, gula jawa, madu. Ginseng, temu lawak, jahe merah diparut, kemudian diperas airnya, kemudian ampasnya dimasukkan air mendidih. Masukkan gula dan beras kencur direbus, minum airnya.


JAHE

Khasiat Jahe
1)              Untuk Menghangatkan Tubuh
Cara Pembuatan :
Cuci dan parutlah sepotong jahe yang panjangnya 5 cm. Tambahkan cabe merah yang telah dicuci dan parutlah pula. Parutan tersebut diperas dan disaring. Kemudian tambah gula secukupnya. Dan rebuslah hingga mendidih. Obat ini diminum 2 kali sehari.
2)              Batuk Pilek
Cara Mengobati :
Ambil Jahe ½ jari, ditumbuk dan direbus dengan 2 gelas air yang mendidih selama kurang lebih ½ jam. Airnya diminum sebagai obat batuk dan demam, lakukan 2-3 kali sehari.
Cara Lain :
Jahe diparut serta digosokkan pada perut dan badan.
3)              Encok
Cara Mengobati :
Ambil jahe 2 jari, bawang merah 5 siung digiling halus kemudian dicampur dengan 1 cangkir tepung terigu dan air, lakukan dengan menggosok bagian yang sakit 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
4)             Obat Masuk Angin
Cara Mengobati :
Jahe diparut serta digosokkan pada perut dan badan untuk mengobati masuk angin.


JERUK NIPIS


Khasiat Jeruk Nipis
1)              Mengobati Batuk
Cara Mengobati :
Cuci buah jeruk nipis. Kemudian kupas dan dibelah. Keluarkan bijinya, dan peraslah. Lalu diminum.
2)             Menghilangkan Jerawat
Cara Mengobati :
Haluskan segundul gambir, sebtir jeruk nipis, setelah itu masukkan air, 25 cc air kelapa, aduk hingga rata. Selanjutnya bersihkan kulit wajah anda dengan air kelapa lalu keringkan dengan tisu. Oleskan ke kulit wajah dan biarkan mengering selama 30 menit. Lakukan 2 kali seminggu.
3)             Menghilangkan Keriput Pada Wajah
Caranya :
Jeruk nipis diambil airnya, lalu ditambah minyak kayu putih 1 sendok teh dan kapur sirih 1 sendok makan. Aduk campurann tersebut sampai merata dan balurkan pada wajah setiap malam


KENCUR

Khasiat Kencur
1)             Sakit Perut
Cara Mengobati :
Ambil 1 buah kencur jari diparut kemudian diberi air ½ gelas remas dan disaring, airnya diminum sebagai obat sakit perut, kembung dan rasa mual. Lakukan 1 kali sehari ½ gelas.
2)             Radang Lambung
Cara Mengobati :
Ambil kencur sebanyak 2 jari, dikupas dan dicuci bersih, kunyah garam lalu telan, lakukan 3 kali sehari.
3)             Mengobati Masuk Angin
Caranya :
Satu rimpang kencur sebesar ibu jari dan dikuliti bersih kencur dimakan dengan garam secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih, lakukan 2 kali sehari.


KULIT RAMBUTAN

Khasiat Kulit Rambutan
1)             Disentri
Caranya :
Cuci kulit buah rambutan (10 buah), potong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air minum bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum sehari 2 kali , masing-masing tiga perempat gelas.
2)             Demam
Caranya :
Cuci kulit buah rambutan yang telah dikeringkan (15 g). Tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.


KUNYIT

Khasiat Kunyit
1)             Memanaskan Badan
Cara Mengobati :
Tumbuk beberapa buah kunir hingga hancur. Campurkan dengan sedikit air dan saring. Minum airnya tiga kali seminggu.
2)              Untuk Obat Tekanan Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Cuci dan parutlah sepotong kunyit yang panjangnya 4 cm. Parutan kunyit itu diremas dengan madu 2 sendok makan. Kemudian airnya diperas dan disaring. Obat ini diminum 2 kali sehari.
3)             Gabag
Cara Mengobati :
Ambil kunyit 2 jari, asam kawak 2 jari, haluskan dengan diberi air dan garam untuk melumas pada kulit, lakukan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
4)             Sesak Nafas
Cara Mengobati :
Ambil kunyit dan temu lawak secukupnya, diparut dan diberi air matang, diperas dan disaring, beri asam jawa, gula batu dan madu 1 sendok makan, serta telur ayam 1 butir. Aduk rata lalu minum 2 kali sehari.
5)              Sebagai Obat Tambah Darah
Caranya :
Kunyit diparut dengan air masak yang sudah dingin dan disaring. Setelah disaring airnya dicampur dengan gula aren dan ditambah sedikit garam kemudian diminum.


LEMPUYANG
  
Khasiat Lempuyang
1)             Pusing
Cara Mengobati :
Temu giring, lempuyang, gula sari, dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus dan diusapkan ke anak kecil yang pusing. Obat ini dilakukan 2 kali sehari.
2)             Sebagai Jamu Kedinginan
Cara Mengobati :
Siapkan lempuyang, pinang, kapulaga, jahe. Kemudian lempuyang dipotong-potong bersamaan dengan jahe kemudian dijemur dengan kapulaga dan pinang. Setelah kering, ditumbuk hingga halus, lalu diseduh dengan air panas dan dicampur dengan madu, diminum jika setelah hujan-hujanan / kedinginan.


LENGKUAS

Khasiat Lengkuas
1)             Obat Panu
Cara Mengobati :
Ambil lengkuas kemudian cuci bersih. Potong-potong sampai keluar air. Gosokkan pada bagian yang terkena panu.


LIDAH MERTUA

Khasiat Lidah Mertua
1)             Luka Ringan
Cara Mengobati :

2)             Mengobati Diabetes
Cara Mengobati :
Daunnya dipotong-potong dan direbus dengan 3 gelas air. Setelah menjadi segelas air lalu diminum.
3)             Influenza, Batuk dan Radang Pernapasan
Cara Mengobati :
15 – 30g direbus dalam 1 liter air, setelah air menjadi 1/2 nya, dinginkan dan minum pagi dan sore.


MAHKOTA DEWA

Khasiat Mahkota Dewa
1)             Kolesterol
Cara Mengobati :
Ambil buah mahkota dewa. Ambil dagingnya kemudian iris kecil-kecil. Jemur hingga kering. Ambil buah yang sudah dikeringkan. Tuangkan air panas kemudian aduk sampai berwarna cokelat kemerah-merahan. Minum dalam keadaan hangat.
2)             Menjinakkan Kanker
Cara Mengobati :
Rebus 1 sendok teh, racik mahkota dewa dalam 3 gelas air hingga airnya tinggal setengahnya. Lalu, tambahkan 1 sendok teh kunyit putih instan. Diminum 3 kali sehari.
3)             Menurunkan Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Petik buah mahkota dewa yang berwarna merah, dipotong kecil-kecil kemudian dijemur sampai kering. Lalu rebus mahkota dewa yang sudah kering sampai matang, saring airnya lalu diminum.
4)             Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Sediakan 2 buah mentimun. Kemudian, serut dengan alat, lalu sari-sari buah mentimun diperas sampai keluar airnya. Lalu, saring sampai buah mentimunnya tidak kebawa. Lalu, diminum 2 kali sehari, insya Allah bila rutin akan segera sembuh.


MENTIMUN

Khasiat Mentimun
1)             Radang Paru-paru
Cara Mengobati :
2 buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.
2)             Membersihkan Ginjal
Cara Mengobati :
Ketimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demu sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun.
3)             Demam
Cara Mengobati :
Ketimun secukupnya dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan di atas perut.
4)             Sebagai Penghalus Kulit
Cara Mengobati :
Ketimun dikupas dan diiris-iris, kalau akan tidur gosoklah irisan ketimun tersebut di sekitar wajah kita atau pada kedua lengan kita. Paginya bangun tidur, bagian yang kita oles dengan ketimun tersebut dilep dengan handuk yang telah di basahi dengan air hangat. Dan lakukan kurang lebih 3 kali saja kulit sudah bertambah halus.
5)              Sebagai Obat Bisul
Cara Mengobati :
Ketimun diparut dan dicampur dengan biji pala yang telah diparut juga. Adonan parutan ketimun dan pala tersebut dibungkus / dipepes dengan daun pisang. Terus diopen seperti mengopen roti. Kalau adonan sudah hangat, tempelkan pada kulit yang ada bisul. Terus diperban dengan kain dan lakukanlah kurang lebih 5 hari berturut-turut. Dan bisul akan pecah dengan sendirinya.
6)             Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Sediakan 2 buah mentimun. Kemudian, serut dengan alat, lalu sari-sari buah mentimun diperas sampai keluar airnya. Lalu, saring sampai buah mentimunnya tidak kebawa. Lalu, diminum 2 kali sehari, insya Allah bila rutin akan segera sembuh.


PARE

Khasiat Pare
1)             Memperlancar ASI
Cara Mengobati :
Dibuat sayur atau dimasak tumis.
2)             Mengobati Sakit Bisul
Cara Mengobati :
Pare diparut, ditempelkan / dioleskan pada bisul kemudian dibalut dengan kain.
3)             Disentri
Cara Mengobati :
Sediakan 2 buah pare segar, dicuci lalu potong-potong, tambahkan 1/4 gelas air bersih kemudian blender dan diperas. Diminum 2 kali sehari.


PENICILIN

Khasiat Penicilin
1)             Mengobati Radang Paru-paru
Cara Mengobati :

2)             Panu
Cara Mengobati :
Ambil 2 lembar daun panasilin, sedikit apu. Daun panasilin dicuci bersih kemudian ditumbuk sampai halus. Taburi apu kemudian oleskan ke bagian yang sakit.


PONIKHONG

Khasiat Ponikhong
1)             Batuk/muntah Darah :
Cara Mengobati :
Ambil 10 lembar daun ponikhong. Cuci bersih. Rebus hingga matang, lalu peras. Minum setiap hari.
2)             Menurunkan Darah Tinggi
Cara Mengobati :
   Pertama, rebus daun beserta batang ponikhong kemudian setelah direbus dimakan 3 kali sehari.


ROSELLA

Khasiat Rosella
1)             Pelangsing
Cara Mengobati :
Ambil beberapa bunga rosella. Pisahkan mahkota dengan bijinya. Jemur mahkota bunganya sampai kering. Ambil 2 sendok rosella yang sudah kering. Tuangkan air panas. Aduk sampai berwarna cokelat kemerah-merahan. Minum 1 hari 1 kali pada pagi hari.
2)             Pegal Linu
Cara Mengobati :
Petik 3 bunga rosella. Cuci hingga bersih. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bunga rosella dan gula pasir secukupnya. Tunggu hingga berwarna merah. Setelah itu, tuangkan ke gelas. Minum ketika mengalami pegal linu.
3)             a.     Menyembuhkan Diabetes Melitus / Kencing Manis
b.          Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
c.           Menurunkan Kadar Asam Urat Dalam Darah
d.         Memperbaiki Metabolisme
e.          Melangsingkan Tubuh
f.            Mencegah Panas Dalam
g.          Mencegah Batu Ginjal
h.          Menyehatkan Mata

Caranya :
3 - 4 buah rosella basah ataupun kering, diseduh dengan air panas sebanyak kurang lebih 20 cc (1 gelas) dapat diminum saat panas ataupun dingin (beri es), dapat juga ditambah gula putih.
4)             Untuk Campuran Obat Bekas Cacar
Cara Mengobati :
Ambil bunga rosella, campurkan dengan air direbus sampai mendidih. Ambil airnya dan minumkan pada anak yang memiliki penyakit bekas cacar / belang.
5)             Menurunkan Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Ambil buah rosella. Kemudian potong kecil-kecil. Jemur hingga kering. Lalu dibuat teh ditambah gula pasir agar tidak terasa asam. Minum 3 kali sehari.


SERAI / KAMIJARA

Khasiat Serai / Kamijara
1)             Untus Mengobati Pegal Linu
Caranya :
Ambil 2 - 3 batang serai, kemudian dicuci hingga bersih, kemudian direbus dan tambahkan sedikit gula merah tunggu hingga mendidih, setelah mendidih diamkan hingga hangat-hangat kuku, kemudian diminum, dianjurkan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
2)             Mengobati Batuk
Cara Mengobati :
Ambil kamijara secukupnya dan tambahkan jahe secukupnya kemudian rebus sampai matang, saring airnya untuk diminumkan pada orang yang batu-batuk.


SILIRSIDE

Khasiat Silirside
1)             Penyakit Kulit
Cara Mengobati :
Ambil daun silirside secukupnya. Cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk hingga halus. Lalu usapkan pada bagian yang terkena penyakit kulit.


SINGKONG

Khasiat Singkong
1)             Mengobati Penyakit Maag
Cara Mengobati :
Singkong dikupas terlebih dahulu. Kemudian dicuci sampai bersih lalu diamakan setelah bangun tidur (jangan makan apa-apa dulu) boleh ditambah dengan gula merah. Dimakan setiap pagi dan sore.


TEMU LAWAK

Khasiat Temu Lawak
1)             Batu Ginjal
Cara Mengobati :
Ambil temu lawak sebesar ibu jari kaki, daun kumis kucing, pucuk dan meniran, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air, hingga 1 gelas airnya minum setiap pagi dan sore.
2)             Sebagai Jamu Pegal Linu
Cara Mengobati :
Tiriskan temu sampai halus dan masukkan ke air panas. Campurkan dengan beras kencur kemudian dikasih madu sebagai rasa manis.






3 komentar:

  1. ok mantab mantab gan infonya, di tunggu kunjunganya di http://khasiatnyata.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. butuh info dan tempat untuk cari tanaman atau tumbuhan toga ?
    silahkan kunjungi website kami di kebuntoga.com ..
    semoga membantu :)

    BalasHapus